RESTRUKTURISASI KELEMBAGAAN BISNIS SEBAGAI
ALTERNATIF STRATEGI DALAM RANGKA MEMPERKUAT IDENTITAS KOPERASI
OLEH :
Adenk Sudarwanto
JURNAL STIE SEMARANG, VOL 4, NO 1,
Edisi Februari 2012 (ISSN : 2252-7826)
KESIMPULAN
Identitas Koperasi tetap harus dijaga karena
identitas tersebut yang membedakan lembaga bisnis yang berbentuk koprerasi dengan
lembaga bisnis non koperasi. Menghadapi perubahan lingkungan bisnis, maka
koperasi secara kelembagaan harus melakukan penantaan perubahan secara internal
dengan melakukan :
1.
Penataan Sistem
Perencanaan dan Pengendalian Manajemen dengan memperhatikan:
a.
Keanekaanragam
fungsi koperasi.
Jika koperasi menjalankan fungsi keanekaragaman
dalam bisnisnya, maka kekuasaan dan wewenang manajemen makin kuat, serta dapat
mendorong tingginya biaya informasi bagi anggota dalam rangka pengawasan dan
pengendalian melalui penentuan keputusan (vote dan voice), oleh karena itu
perlu melakukan pengurangan keanekaragaman fungsi jika keanekaragaman tersebut
memperlemah aspek pengendalian dan pengawasan.
b.
Jumlah aktivitas
usaha yang dijalankan
Koperasi yang menjalankan multi usaha jika lemah
dalam aspek perencanaan dan pengendalian yang dilakukan anggota, akan mudah
memicu konflik yang akan mempengaruhi kinerja koperasi sebagai akibat keragaman
kebutuhan anggota yang tidak terlayani secara baik, sehingga anggota merasakan
keunggulan koperasi menurun dibandingkan dengan lembaga bisnis non koperasi .
Oleh karena itu untuk mempertahankan keunggulan koperasi , maka koperasi perlu
memfokuskan diri pada satu bidang usaha tertentu jika multi usaha justru akan
memperlemah keunggulan koperasi sebagai akibat adanya asar yang kompetitif
c.
Struktur dan
jumlah keanggotaan.
Homoginitas keanggotaan koperasi serta jumlah
keanggotaan perlu menjadi perhatian berkaitan dengan kemampuan untuk memenuhi
kebutuhan dan pelayanan bagi anggota. Semakin homogin keanggotaan koperasi
akan memudahkan bagi koperasi untuk secara efektif memenuhi kebutuhan dengan
pelayanan prima bagi anggota. Terpenuhinya kebutuhan anggota akan mendorong
peningkatan partisipasi anggota terhadap koperasi.
d.
Memperhatikan
perubahan lingkungan bisnis melalui trendwatching sehingga dapat merespon
perubahan tersebut secara adaptif
2.
Melakukan
Building Block Continuos Improvement Mindset
Mindset perbaikan berkelanjutan harus dilakukan guna
memperkuat identitas koperasi
melalui sikap mental, perilaku dan etika bisnis
3.
Melakukan
Reskilling manajer melalui pendidikan dan pelatihan yang efektif
4. Mendesain
perspektif dan sasaran strategik dengan mengacu pada perspektif aspek pembelajaran
dan pertumbuhan, proses, anggota dan keuangan
Nama : Zainul
Arifin
NPM :
27211720
Kelas : 2EB09
Tidak ada komentar:
Posting Komentar