Selasa, 18 Maret 2014

TOEFL

Sebelum membahas tentang toefl, tentu harus lebih tahu dulu apa itu toefl? Toefl adalah tes bahasa Inggris yang dirancang untuk mengukur penguasaan bahasa Inggris mereka yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Tes ini dikembangkan dan diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service) sebuah lembaga nirlaba yang berkedudukan di Amerika Serikat dan pertama kali diselenggarakan pada tahun 1964. Nilai TOEFLbiasanya merupakan salah satu persyaratan masuk di sejumlah 2400 perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan 80 negara lainnya di dunia (ETS: 1999).

Ada tiga bagian tes TOEFL yang harus dikerjakan oleh peserta tes. Bagian pertama adalah soal-soal yang mengukur kemampuan Listening Comprehension dalam jumlah 50 soal, Structure & Written Expression , 40 soal, dan Reading Comprehension, 50 soal. Keseluruhan soal dibuat dalam bentuk pilihan berganda (kecuali untuk Computer Based TOEFL ada soal esai yang menguji kemampuan mengarang peserta dalam bahasa Inggris serta variasi lain bentuk soal seperti menjodohkan, meng highlight kata tertentu yang ada kaitannya dengan main idea suatu bacaan, dll.). Keseluruhan tes berlangsung dalam waktu kurang lebih 150 menit, untuk Paper and Pencil Based TOEFL, dan kurang lebih 240 menit untuk Computer Based TOEFL. Waktu yang relatif lama untuk Computer Based TOEFL ini sudah termasuk prosedur tutorial.

Terdapat dua jenis tes TOEFL, yaitu 1) Paper and Pencil Based TOEFL; dan 2) Computer Based TOEFL. Jenis tes TOEFL yang pertama adalah tes TOEFL yang kita kenal selama ini, dimana baik soal maupun jawaban dikerjakan dengan menggunakan kertas dan pensil. Sedangkan jenis tes TOEFL yang kedua adalah model tes yang relatif baru karena pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998. Seperti yang tertera pada namanya, tes ini menggunakan komputer dalam penyampaian soalnya dan peserta tes akan menjawab tes ini juga melalui komputer.

Untuk keperluan pra-seleksi ataupun keperluan intern suatu lembaga, maka ETS sebagai lembaga pengembang dan penyelenggara tes TOEFL juga menyelenggarakan TOEFL ITP (ITP= Institutional Testing Programme). Jumlah soal dan tingkat kesulitan TOEFL ITP tidak berbeda dengan Paper and Pencil Based TOEFL maupun Computer Based TOEFL, karena memang soal-soal yang digunakan pada TOEFL ITP adalah soal tes TOEFL yang telah pernah digunakan sebelumnya. Perbedaan yang perlu diketahui oleh mereka yang merencanakan mengikuti tes TOEFL adalah bahwa skor yang diperoleh dariTOEFL ITP dalam pengunaannya terbatas. Perguruan tinggi di Amerika, misalnya, hanya akan menerima skor yang diperoleh dari Paper and Pencil Based TOEFL atau Computer Based TOEFL. Perbedaan lainnya adalah dalam hal biaya tes. Saat ini biaya Paper and Pencil Based TOEFL maupun Computer Based TOEFL adalah sebesar US $ 110, sedangkan TOEFL ITP biayanya relatif lebih murah yaitu sebesar US $ 25. Perlu juga diketahui bahwa Paper and Pencil Based TOEFL dan Computer Based TOEFL hanya diselenggarakan di Test Center tertentu dengan jadwal tes yang telah ditentukan jauh hari sebelumnya, sedangkan TOEFL ITP jadwal penyelenggaraannya lebih fleksibel dan di Indonesia dilaksanakan oleh IIEF (The Indonesian International Education Foundation) dengan berkoordinasi dengan pusat bahasa yang ada di perguruan tinggi negeri.

Selain TOEFL ITP, juga ada TOEFL Prediction/Equivalent Test yang biasanya digunakan untuk memperkirakan skor TOEFL seseorang sebelum yang bersangkutan mengikuti tes TOEFL lainnya (Paper and Pencil Based TOEFL, Computer Based TOEFL, TOEFL ITP). Jenis tes TOEFL Prediction ini pada umumnya diselenggarakan oleh lembaga/pusat bahasa atau tempat-tempat kursus yang menyelenggarakan pelatihan TOEFL.

SOFSKILL (BAHASA INGGRIS 2)

Exercise 21 : Coditional Sentences
1.      Henry talks to his dog as if it can understand him.
2.      If they had left the house earlier, they wouldn’t be so late getting to the airport that they could not check their baggage.
3.      If I finish the dress before Saturday, I can give it to my sister for her birthday.
4.      If I had seen the movie, I would tell you about it last night.
5.      Had Bob not interfered in his sister’s marital problem, there would be peace between them.
6.      He would give the money if he had have it.
7.      I wish they did stop making so much noise so that I could concentrate.
8.      She would call you immediately if she had need help.
9.      Had they arrived at the sale early, they would find a better selection.
10.  We hope that you will enjoy the party last night.
11.  If you have enough time, please will paint the chair before you leave.
12.  We could go for a drive if today did be Saturday.
13.  If she win the prize, it will be because she have write very well.
14.  Mike wished that the editors were permit him to copy some of their material.
15.  Joel wishes that he had spended his vacation on the gulf coast next year.
16.  I will accept if they invite me to the party.
17.  If your mother have buy that car for you, will you be happy?
18.  If he didn’t decide earlier, he could have left on the afternoon flight.
19.  Had we known your address, we would write you a letter.
20.  If the roofer doesn’t come soon, the rain could leak inside.
21.  Because Rose did so poorly on the exam, she wishes that she could study harder last night.
22.  My dog always wakes me up if he can hear strange noise.
23.  If you will see Mary today, please ask her to call me.
24.  If he have get the raise, it will be because he does a good job.
25.  The teacher will not accept our work if we have turn it in late.
26.  Mrs. Wood always talks to her tenth-grade students as though they can be adults.
27.  If he had left already, he would call us.
28.  If they had known him, they would talk to him.
29.  He would understand it if you  had explain it to him more slowly.
30.  I could understand the French teacher if she did speak more slowly.

Exercise 26: Adjectives and adverbs
1.      Rita plays the violin well.
2.      That is an intense novel.
3.      The sun is shining bright.
4.      The girls speak fluently French.
5.      The boy speak Spanish fluently.
6.      The table has a smooth surface.
7.      We must figure our income tax returns accurately.
8.      We don’t like to drink bitter tea.
9.      The plane will arrive soon.
10.  He had an accident because he was driving too fastly.

Exercise 27: Linking (Copulative) verbs
1.      Your cold sound terrible.
2.      The pianist plays very well.
3.      He food in the restaurant always tastes good.
4.      The campers remained calm despite the thunderstorm.
5.      They become sick after eating the contaminated food.
6.      Professor Calandra looked quickly on the project.
7.      Paco was working diligent on the project.
8.      Paul protested vehement about the new proposals.
9.     Our neighbors appeared relaxed after the vacation.
10.  The music sounded too noisy to be classical.

Exercise 28: Comparisons
1.      as soon
2.      less important
3.      as well
4.      far more expensive
5.      as hot
6.      more talented
7.      more colorful
8.      happier
9.      bader
10.  faster

Exercise 29: Comparisons
1.      The Empire State Building is taller than the Statue of Liberty.
2.      California is farther from New York than Pennsylvania.
3.      His assignment is different from mine.
4.      Louie reads more quickly than his sisters.
5.      No animal is so big than King Kong.
6.      That report is less impressive than the government’s.
7.      Sam wears the same shirt as his teammates.
8.      Dave paints much more realistically than his professor.
9.      The twins have less money at the end of the month than they have at the beginning.
10.  Her sports car is different from Nancy’s.

Exercise 30: Comparisons
1.      better
2.      happier
3.      faster
4.      creamier
5.      more colorful
6.      weller
7.      good
8.      awkwarder
9.      less
10.  prettier
11.  the best
12.  from
13.  least impressive
14.  sicker
15.  than
16.  twice more than
17.  little
18.  many
19.  farther
20.  more famous


ZAINUL ARIFIN
27211720

3EB09